Entri Populer

Selasa, 15 November 2011

Contoh RPP Geografi Berkarakter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


SEKOLAH                 : .................................
MATA PELAJARAN : GEOGRAFI
KELAS/SEMESTER  : X/I
ALOKASI WAKTU  : 2 x 45 menit ( 1 x pertemuan )

A.    Standar Kompetensi
2. Memahami sejarah pembentukan bumi.
B.     Kompetensi Dasar
2.2.  Mendeskripsikan jagat raya dan tata surya
C.    Indikator:
1.      Kognitif:
1)      Mendeskripsikan pengertian Jagat Raya
2)      Menjelaskan pandangan manusia mengenai Jagat Raya
3)      Mengidentifikasi proses terjadinya , bentuk, dan sifat anggota Jagat Raya
2.      Afektif
a.      Karakter
Jujur, peduli, tanggungjawab, gemar membaca, religius, bekerjasama, terbuka, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam pembelajaran tentang jagat raya.
b.      Keterampilan Sosial
Bertanya memberika ide dan pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang jagat raya.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Kognitif
1)      Siswa dapat mendeskripsikan pengertian Jagat Raya
2)      Siswa dapat menjelaskan pandangan manusia mengenai Jagat Raya
3)      Siswa dapat mengidentifikasi proses terjadinya , bentuk, dan sifat anggota Jagat Raya

2.      Afektif
a.      Karakter
Siswa dapar menunjukkan sikap sadar akan kekuasaan dan kebesaran Sang Pencipta, perilaku jujur dan peduli, gemar membaca, terbuka dan mendengarkan pendapat orang lain selama pembelajaran tentang jagat raya.
b.      Keterampilam Sosial
Selama proses pembelajaran tentang jagat raya berlangsung siswa dapat menunjukkan keterampilam social seperti bertanya, mendengarkan pendapat orang lain, menerima kritik dan saran, serta berkomunikasi dengan baik.


E.     Materi Pembelajaran
·         Pengertian Jagat Raya
·         Pandangan Manusia tentang Jagat Raya
·         Anggota Jagat Raya
F.     Strategi Pembelajaran
-             Model Pembelajaran        : Kooperatif
-             Pendekatan                      : Kooperatif Learning
-             Metode                             :  tanya jawab, Index Card Match

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Nilai Karakter
Waktu
1




PENDAHULUAN
·       Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdo’a.
·       Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan, dan kerapihan kelas.
·       Mengkondisikan kelas agar siswa siap untuk belajar.
Apersepsi:
·       Disampaikan KD & Indikator
·       Diajukan pertanyaan kepada siswa mengenai materi pelajaran yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya.
Motivasi:   
·       Guru memeberikan pertanyaan tentang jagat raya supaya siswa terangsang untuk mempelajarinya
Religius

Disiplin


10 menit








2
KEGIATAN INTI
Eksplorasi
·         Guru menjelaskan pengertian, proses terjadinya, dan pandangan manusia mengenai Jagat Raya secara garis besar
Elaborasi
·         Setiap siswa diberi satu kertas. sambil menjelaskan bahwa ini adalah aktivitas yang dilakukan berpasangan, separuh siswa akan mendapatkan soal dan separuh yang lain akan mendapatkan jawaban
·         Siswa dimanta untuk menemukan pasangan mereka sesuai dengan soal dan jawaban. Setelah mereka menemukan pasangan siswa untuk duduk berdekatan.
·         Setelah semua siswa menemukan pasangan dan duduk berdekatan, setiap pasangan siswa bergantian memebacakan soal yang di peroleh dengan keras kepada teman-temannnya yang lain, selanjutnya soal tersebut di jawab oleh pasangannya.
·         Kemudian guru mengklarifikasi antara soal dan jawaban.
Konfirmasi
·         Siswa diberi keempatan untuk bertanya tentang semua materi yang belum di fahami
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang telah dipelajari
 Jujur, peduli, tanggungjawab, gemar membaca, religius, bekerjasama, terbuka, dan mendengarkan pendapat orang lain
70 menit
3
PENUTUP
§  Siswa mengadakan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.
§  Siswa diberi tugas untuk membaca materi teori lempeng tektonik.

10 menit

H.    Media dan Sumber Belajar
1.      Sumber Buku Acuan
-          K Wardiyatmoko (2006) Geografi SMA Kelas X, Erlangga
-          Gatot H (2007) Geografi SMA Kelas X, Yrama Widya.
-          Eko TP dan Rudi H (2010) Buku Geografi Kelas X, Depdiknas + Pemprov Jabar.
-          Bagja Waluya (2010) Geografi SMA/MA Untuk Kelas X, Depdiknas + Pemprov Jabar.
-          Ahmad Yani & Mamat Ruhimat (2008) Geografi Untuk Kelas X, Grafindo Media Pratama.
2.     Alat dan Bahan
-          Kartu soal dan jawaban

I.       Penilaian
1.    Teknik                     : tulis
2.    Bentuk Instrumen   : essay
3.    Contoh Instrumen  :

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1.      Jelaskan pengertian jagat raya!
2.      Jelaskan mengembang dan memapat !
3.      Jelaskan teori bingbang!

Jawaban
1.      Ruang yang maha luas tempat benda-benda langit berada, termasuk bumi yang merupakan tempat manusia hidup
2.      Dikenal dengan nama teori ekpansi dan kontraksi. Menurut teori ini jagat raya terbentuk karena adanya suatu siklus materi yang diawali dengan masa ekspansi atau mengembang yang disebabkan adanya teaksi inti hidrogen, pada tahap ini terbentuklah galaksi-galaksi. Selanjutnya galaksi-galaksi yang telah terbentuk akan meredup kemudian memapat yang didahului dengan keluarnya pancaran panas yang sangat tinggi. Setelah tahap memapat maka tahap  berikutnya adalah tahap mengembang dan memapat lagi.
3.      Teori big bang didasarkan pada asumsi bahwa alam semesta berasal dari keadaan panas dan padat yang mengalami ledakan dahsyat dan mengembang. Semua galaksi di alam semesta akan memuai dan menjauhi pusat ledakan.

Skor penilaian :
3 x 30 + 10 = 100

Alat penilaian proses proses pembelajaran

No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor/Jumlah
1
2
3
4
5








































           
Aspek yang dinilai:
1.      Kemampuan menyampaikan pendapat
2.      Kemampuan memberikan kritik
3.      Kemampuan mengajukan pertanyaan
4.      Kemampuan menggunakan bahasa yang baik
5.      Kelancaran berbicara


Penskoran:
Nilai
Kualifikasi
Skor
 A
Tidak Baik
1-2
B
Kurang Baik
3
C
Baik
4
D
Sangat Baik
5


           


Jumlah Skor
                        Nilai
Keterangan
20 – 25
Sangat baik
15 – 19
Baik
10 – 14
Cukup
0 – 9
Kurang


...................., ……..……… 2011

              Mengetahui,
Kepala Sekolah




................................
NIP.............

Guru Mata Pelajaran




.....................................
NIP.............................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar