RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : .................................
MATA
PELAJARAN : GEOGRAFI
KELAS/SEMESTER : X/I
ALOKASI
WAKTU : 2 x 45 menit ( 1 x pertemuan )
A. Standar Kompetensi
2. Memahami sejarah pembentukan bumi.
B. Kompetensi Dasar
2.2. Mendeskripsikan jagat raya dan tata surya
C. Indikator:
1.
Kognitif:
1) Mendeskripsikan
pengertian Jagat Raya
2) Menjelaskan
pandangan manusia mengenai Jagat Raya
3) Mengidentifikasi
proses terjadinya , bentuk, dan sifat anggota Jagat Raya
2.
Afektif
a.
Karakter
Jujur,
peduli, tanggungjawab, gemar membaca, religius,
bekerjasama, terbuka, dan mendengarkan pendapat orang lain dalam pembelajaran
tentang jagat raya.
b. Keterampilan Sosial
Bertanya memberika ide dan pendapat,
menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dalam pembelajaran tentang jagat
raya.
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Kognitif
1) Siswa dapat mendeskripsikan
pengertian Jagat Raya
2) Siswa dapat
menjelaskan pandangan manusia mengenai Jagat Raya
3) Siswa dapat
mengidentifikasi proses terjadinya , bentuk, dan sifat anggota Jagat Raya
2.
Afektif
a.
Karakter
Siswa dapar menunjukkan sikap sadar akan
kekuasaan dan kebesaran Sang Pencipta, perilaku jujur dan peduli, gemar membaca, terbuka dan mendengarkan pendapat orang
lain selama pembelajaran tentang jagat raya.
b.
Keterampilam
Sosial
Selama proses pembelajaran tentang jagat
raya berlangsung siswa dapat menunjukkan keterampilam
social seperti bertanya, mendengarkan pendapat orang lain, menerima kritik dan
saran, serta berkomunikasi dengan baik.
E. Materi Pembelajaran
·
Pengertian
Jagat Raya
·
Pandangan
Manusia tentang Jagat Raya
·
Anggota
Jagat Raya
-
Model
Pembelajaran : Kooperatif
-
Pendekatan : Kooperatif Learning
-
Metode : tanya jawab, Index Card Match
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Nilai Karakter
|
Waktu
|
1
|
PENDAHULUAN
· Guru membuka
pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdo’a.
· Memeriksa
kehadiran siswa, kebersihan, dan kerapihan kelas.
· Mengkondisikan
kelas agar siswa siap untuk belajar.
Apersepsi:
·
Disampaikan KD &
Indikator
·
Diajukan pertanyaan
kepada siswa mengenai materi pelajaran yang telah disampaikan pada pertemuan
sebelumnya.
Motivasi:
· Guru
memeberikan pertanyaan tentang jagat raya supaya siswa terangsang untuk
mempelajarinya
|
Religius
Disiplin
|
10 menit
|
2
|
KEGIATAN INTI
Eksplorasi
·
Guru menjelaskan
pengertian, proses terjadinya, dan pandangan manusia mengenai Jagat Raya
secara garis besar
Elaborasi
·
Setiap siswa diberi
satu kertas. sambil menjelaskan bahwa ini adalah aktivitas yang dilakukan
berpasangan, separuh siswa akan mendapatkan soal dan separuh yang lain akan
mendapatkan jawaban
·
Siswa dimanta untuk
menemukan pasangan mereka sesuai dengan soal dan jawaban. Setelah mereka
menemukan pasangan siswa untuk duduk berdekatan.
·
Setelah semua siswa
menemukan pasangan dan duduk berdekatan, setiap pasangan siswa bergantian
memebacakan soal yang di peroleh dengan keras kepada teman-temannnya yang
lain, selanjutnya soal tersebut di jawab oleh pasangannya.
·
Kemudian guru mengklarifikasi antara soal dan
jawaban.
Konfirmasi
·
Siswa diberi
keempatan untuk bertanya tentang semua materi yang belum di fahami
·
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang telah dipelajari
|
|
70 menit
|
3
|
PENUTUP
§ Siswa
mengadakan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.
§ Siswa diberi
tugas untuk membaca materi teori lempeng tektonik.
|
|
10 menit
|
H. Media dan Sumber Belajar
1.
Sumber Buku Acuan
-
K
Wardiyatmoko (2006) Geografi SMA Kelas X, Erlangga
-
Gatot
H (2007) Geografi SMA Kelas X, Yrama Widya.
-
Eko
TP dan Rudi H (2010) Buku Geografi Kelas X, Depdiknas + Pemprov Jabar.
-
Bagja
Waluya (2010) Geografi SMA/MA Untuk Kelas X, Depdiknas + Pemprov Jabar.
-
Ahmad
Yani & Mamat Ruhimat (2008) Geografi Untuk Kelas X, Grafindo Media Pratama.
2.
Alat dan Bahan
-
Kartu
soal dan jawaban
I. Penilaian
1.
Teknik : tulis
2.
Bentuk
Instrumen : essay
3.
Contoh
Instrumen :
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1.
Jelaskan
pengertian jagat raya!
2.
Jelaskan
mengembang dan memapat !
3.
Jelaskan teori bingbang!
Jawaban
1. Ruang yang maha
luas tempat benda-benda langit berada, termasuk bumi yang merupakan tempat
manusia hidup
2. Dikenal dengan
nama teori ekpansi dan kontraksi. Menurut teori ini jagat raya terbentuk karena
adanya suatu siklus materi yang diawali dengan masa ekspansi atau mengembang
yang disebabkan adanya teaksi inti hidrogen, pada tahap ini terbentuklah
galaksi-galaksi. Selanjutnya galaksi-galaksi yang telah terbentuk akan meredup
kemudian memapat yang didahului dengan keluarnya pancaran panas yang sangat
tinggi. Setelah tahap memapat maka tahap
berikutnya adalah tahap mengembang dan memapat lagi.
3. Teori big bang didasarkan
pada asumsi bahwa alam semesta berasal dari keadaan panas dan padat yang
mengalami ledakan dahsyat dan mengembang. Semua galaksi di alam semesta akan
memuai dan menjauhi pusat ledakan.
Skor
penilaian :
3
x 30 + 10 = 100
Alat
penilaian proses proses pembelajaran
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor/Jumlah
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek
yang dinilai:
1.
Kemampuan
menyampaikan pendapat
2.
Kemampuan
memberikan kritik
3.
Kemampuan
mengajukan pertanyaan
4.
Kemampuan
menggunakan bahasa yang baik
5.
Kelancaran
berbicara
Penskoran:
Nilai
|
Kualifikasi
|
Skor
|
A
|
Tidak
Baik
|
1-2
|
B
|
Kurang
Baik
|
3
|
C
|
Baik
|
4
|
D
|
Sangat
Baik
|
5
|
Jumlah Skor
Nilai
|
Keterangan
|
20 – 25
|
Sangat baik
|
15 – 19
|
Baik
|
10 – 14
|
Cukup
|
0 – 9
|
Kurang
|
...................., ……..……… 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah
................................
NIP.............
|
Guru Mata Pelajaran
.....................................
NIP.............................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar